Catatan Guru Drama

notes of my thoughts

Akting Adalah Percaya

on April 16, 2016

Bicara soal acting, sebelum kita membahas secara detil tentang apa itu akting dan segala macam tekniknya, tentunya kita semua pernah menonton film, bukan? Pasti, ya. Begini, pernahkah kita merasakan sebagai seorang anak-anak misalnya, setelah menonton film spiderman, entah di bioskop atau di rumah, kemudian secara sadar atau tidak sadar, gaya jalan kita berubah? Secara sadar atau tidak sadar, kita bergerak (Menirukan gaya Spiderman menembakan jarring dari tangannya) seperti ini? Ini? Ini? Dan ini? Atau misalnya menangis saat kita menonton film sedih? Siapa yang pernah nonton film “Hachiko”? (jika ada yang angkat tangan, Tanya pendapatnya tentang film itu dan reaksinya) Nah, atau ada yang suka nonton sinetron? Pernah gak kita benci sama satu karakter antagonis sampe ngerasa beneran benci? Nah itu. Benci beneran? Pernah gak denger cerita ada pemeran karakter antagonis yang di cubit ibu-ibu yang terpengaruh sinetron saat berjalan di mal? Nah itu.
Jika kita semua pernah mengalami hal-hal yang saya sebutkan tadi. Bergaya seperti spiderman setelah nonton film spiderman, atau merasakan sedih saat nonton film sedih, atau merasakan bencinya terhadap satu karakter dalam sebuah sinetron, maka itu tandanya akting sang actor atau aktrisnya meyakinkan, atau baik atau baik sekali. Aktingnya berhasil! Kenapa? Karena kita sebagai penonton terpengaruh. Kenapa lagi mereka bisa dibilang berhasil? Karena kita percaya bahwa mereka mengalaminya? Buktinya kita nangis saat ada adegan sedih. Apalagi yang membuat kita bisa bisa bilang bahwa actor itu berhasil? Buktinya ada ibu-ibu yang ikutan kesel dan mencubit saat ketemu di mal. Itu berarti aktornya berhasil memerankan dengan meyakinkan.
Oke, kita lanjut, ya. Siapa di sini yang pernah denger kalimat, “Jangan pernah mau pacaran sama anak teater.”? Kenapa? Karena katanya “kalo anak teater jago bohong,”. Pernah, kan denger pernyataan itu? Pernyataan itu sesungguhnya salah. Akting tidak akan meyakinkan jika dibangun dari kebohongan. Kenapa? Begini ceritanya.
Akting adalah seni peran, dimana tugas utama seorang aktor adalah “menjadi” bukan berpura-pura. Bedanya apa? Bedanya, berpura-pura biasanya lengkap dengan atribut kepalsuan, yang begini tidak akan bisa meyakin saat dia akan melakukan akting atau pementasan depan penonton. Karena berpura-pura dan akting adalah dua hal yg berbeda. Contoh:  Berpura-pura menangis, maka orang akan melakukan berbagai macam cara agar terlihat seperti orang menangis. Ketika orang berpura-pura maka yg dituju adalah bentuk fisik agar menyerupai suatu bentuk atau suatu kegiatan. Berbeda dengan akting menangis, maka yang dicari dan dipahami dulu adalah alasan kenapa karakter yang diperankan harus menangis. Lalu aktor harus ikut merasakan apa yang dirasakan karakternya. Jadi ketika harus menangis di panggung atau di dalam sebuah adegan, maka adegannya hidup dan yang menyaksikan akan percaya dan berempati pada karakter itu. Bahasa simple-nya, Pura-pura adalah berbohong, sedangkan akting adalah menciptakan realita baru.
Ini masih belum masuk pada teknik akting, tapi penting untuk diketahui bahwa panggung dan film adalah realita kecil di dalam sebuah realitas yang lebih besar. Panggung adalah mikrokosmos yang ada dalam sebuah makrokosmos. Jadi jika kita sudah melangkah kan kaki ke atas panggung, maka sudah tidak ada lagi kita, tapi yang ada adalah karakter yang sedang diperankan. Aktor telah masuk dalam mikrokosmos dan menjadi bagian darinya, sehingga eksistensi aktor hilang, atribut aktor ditanggalkan dan menjadi karakter yg sedang dimainkan. Jadi bukan sedang berbohong, tapi bertransformasi. Gimana caranya? Dengan percaya bahwa kita adalah karakter yg dimainkan. Jika kita tidak percaya, bagaimana kita meyakinkan penonton bahwa kita adalah karakter itu? Karena akting adalah percaya. “Acting is believing, not pretending”. Nah, mau lanjut ke tahap berikutnya tentang akting


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: