Catatan Guru Drama

notes of my thoughts

Wayang Senggol

on May 26, 2014

Apa yang terbayang di benak kita semua ketika mendengar kata teater Wayang Senggol? Kita semua masih membayang-bayang bagaimana sih sebetulnya bentuk pertunjukan wayang senggol. Sebuah teater yang (katanya) pernah ada. Teater yang dulunya berkembang di Batavia sebagai satu bentuk pertunjukan dari sekian banyak bentuk pertunjukan teater yg ada di Batavia pada tahun 1930-an.

Apakah Wayang Senggol ini bisa disebut teater tradisi dari Jakarta? Ternyata tidak. Bagaimana tidak? Ya Wayang Senggol bukan teater tradisi. Karena pada masanya, Wayang Senggol dipentaskan di panggung-panggung formal. Apalagi bentuk dan gayanya menyerupai stambul. Musiknya, nyanyiannya dan tariannya di garap dengan gaya yang cukup modern. Jadi Wayang Senggol bukan Teater Tradisi.

Eksplorasi dan rekonstruksi Wayang Senggol yang dilakukan oleh Deden Rengga dengan kelompoknya adalah usaha untuk menghidupkan kembali bentuk Teater ini agar kembali di apresiasi oleh masyarakat dan di kenal sebagai sebuah Bentuk teater yang pernah ada di Jakarta masa lalu. Proses yang dilakukan sejak setahun lalu berhasil dipentaskan dan diapresiasi dengan baik di Gedung Pertunjukan Miss Tjitjih akan kembali dipentaskan di lima wilayah Jakarta sebagai usaha memperkenalkan bentuk ini ke masyarakat luas. Pentas lima wilayah yang di danai oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata DKI Jakarta akan ditutup dengan keikutsertaan kelompok ini dengan Wayang Senggolnya di Festival Teater Tradisi Indonesia di Gedung Kesenian Jakarta, bulan Juni ini.

Usaha seperti ini layak di apresiasi dan harus dilakukan dengan rutin, mengingat banyak bentuk-bentuk kesenian yang sudah (hampir) punah.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: