Catatan Guru Drama

notes of my thoughts

Pendidikan di Ujung Ujian Nasional

on April 21, 2012

Pendidikan Indonesia di Ujung UN
Bicara soal UN, tidak terlepas dari pemerintah, dimana pemerintah ingin sekali menstandarkan output siswa di seluruh Indonesia. Padalah sekolahnya beda, proses belajarnya beda, resourcenya beda dan masih banyak puluhan perbedaan diantara sekolah-sekolah di seluruh Indonesia. Ditinjau dari berbagai aspek, kelebihan metode PIlihan Ganda yang di pake untuk Ujian Akhir hanya pada kemudahan mendapatkan score dengan jumlah peserta skala nasional, sisanya? Masih debatable.

Sebagai guru, saya merasa aneh, apakah Cuma karena kemudahan mendapat score tersebut, kemudian metode PIlihan Ganda dan beberapa soal Essay dijadikan alat evaluasi akhir pembelajaran siswa di seluruh Indonesia, dengan mengorbankan proses belajar selama beberapa tahun di sekolah. Banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang muncul dari masyarakat atas pelaksanaan UN.

1. Kenapa harus dilakukan secara Nasional?
Padahal pemerintah belum sama sekali melakukan pemerataan pendidikan hingga ke pelosok. Tidak usah ke pelosok di daerah yg dekat dengan ibukota saja, masih banyak sekolah yang belum merasakan perhatian pemerintah secara utuh.

2. Kenapa metodenya harus selalu Pilihan Ganda dengan beberapa soal essay?
Padahal dalam melaksanakan pilihan ganda, siswa hanya akan cenderung melakukan hapalan informasi yang sifatnya factual, bukan mengasah pemahaman atas knowledge dan skill yang dipelajari di sekolah. Selain itu faktanya masih ratusan metode evaluasi/grading yang bisa lebih tepat sasaran, efektif, lebih murah dan sesuai dengan keadaan sekolah yang bersangkutan.

3. Kenapa sekolah dan orang tua harus HEBOH dan lebay dalam menyambut datangnya UN sehingga mengakibatkan paranoid dari siswa-siswa, bahkan para guru?
Event UN ini harusny di sikapi secara biasa saja, jika guru dan siswa sudah melaksanakan tugasnya dengan baik, toh ini hanya hafalan informasi saja, bukan ujian atas pemahaman. Harusnya bisa lebih tenang.

Jadi harus bagaimanakah bentuk Ujian Akhir itu?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: