Catatan Guru Drama

notes of my thoughts

Menjadi Guru

on April 17, 2011

Ok, begini. Menjadi guru bagi saya awalnya adalah proses bertahan hidup, walau memang sudah dipersiapkan sejak kuliah di UNJ.

Transformasi dari seorang murid menjadi guru berawal dari kegelisahan saya sebagai murid terhadap guru yang hanya berhenti pada transfer ilmu, yang menjadi diktator dalam kelas, bahkan menjadi tuhan, karena merasa paling benar dan merasa bahwa murid yang selalu salah. Bahwa kemudian saya bersumpah, ketika saya ternyata menjadi guru di masa depan saya, maka saya tidak akan menjadi guru yang anti-kritik dan menjadi diktator dalam kelas. Ini sumpah, dan terukir dalam jiwa saya.

Waktu kemudian berbicara, ketika akhirnya saya memutuskan kuliah di UNJ ex-IKIP. Saya menjadi calon guru. Dalam proses kuliah, nilai-nilai guru tercipta semakin kuat ketika ikut kuliah-kuliah keguruan dan kependidikan. Sumpah itu mendapat pembenaran. Bahwa guru bukan dewa yang selalu benar, bahwa guru bukan individu anti-kritik, bahwa guru bukanlah diktator yang tidak boleh dilawan jika salah. Sumpah itu mendapat penguatan, bahwa saya akan menjadi guru yang peduli kebutuhan individu-individu murid yang merupakan individu setara dengan gurunya, guru yang tidak hanya berbicara, tapi juga mendengarkan dan memahami muridnya dengan baik.

Menurut saya, belajar serius tidak melulu dengan muka serius juga atau bahkan tegang, tapi kalau bisa menyenangkan, knapa harus tegang? Ini yang kemudian saya jadikan prinsip dasar saya sebagai guru.

Pertanyaan saya kepada rekan sejawat guru adalah, ” Apakah rekan-rekan ingin menjadi guru seperti guru yang rekan-rekan tidak suka semasa sekolah dulu?”, kalau saya tidak mau….

Hidup Guru!!!!


One response to “Menjadi Guru

  1. enno says:

    Keren kak!

    Dulu ada bbrp guru yg ga aq suka, tp after kuliah di UNJ, dapet ilmu sebegitu banyaknya, skrg bru sadar pekerjaan guru itu ga gampang. Guru yg cuma masuk ngasih catetan sampe jari2 pegal ga boleh dicontoh! Dan skrg pun bru sadar, stelah ngejalanin bbrp profesi laen alias jd kutu loncat, aq mau balik jd guru ajaah..😀

    Btw ‘Guru Drama’ sounds great bgt kak! Ky di luar2 gituuh..😀

    Kak black tukeran link yuuukk.. I’ll put yours on my blog. Visit yaa ^.^/

Leave a Reply

