Catatan Guru Drama

notes of my thoughts

#Indonesiaunite Deklarasikan Amanat Bersama untuk Bangun Indonesia

on August 17, 2009

#Indonesiaunite Deklarasikan Amanat Bersama untuk Bangun Indonesia

Satukan Lintas Generasi dan Kelompok Masyarakat melalui Bersatu Bersama

Jakarta, 16 Agustus 2009 – Hari ini gerakan #Indonesiaunite yang merupakan semangat untuk bersatu, tidak menyerah, dan tidak takut, yang dipicu oleh aksi terorisme pada 17 Juli 2009; didukung lapisan masyarakat lintas generasi dan berbagai kelompok masyarakat, mendeklarasikan Amanat Bersama yang dilaksanakan serentak pada pukul 23.00 WIB sebagai wujud dari rasa nasionalisme, anti-kekerasan dan seruan untuk Indonesia bersatu dan bangun negeri. Hadir Menteri Pemuda dan Olah Raga RI, Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat RI, dan perwakilan negara sahabat yang turut menyaksikan pendeklarasian Amanat Bersama tersebut. Di samping Jakarta, kegiatan yang sama juga dilaksanakan di berbagai wilayah di Indonesia, di antaranya Palembang, Yogyakarta, Bogor, Papua, NTT, Ambon dan lain-lain. Selain itu pembacaan Amanat Bersama juga disiarkan langsung melalui jaringan radio MRA, dan akan diikuti jaringan radio lainnya.

Pendeklarasian Amanat Bersama ini dipicu oleh teror bom 17 Juli, yang mendorong generasi baru yang tergabung dalam semangat #indonesiaunite sepakat untuk menjadikan hari ini, tanggal 16 Agustus, sebagai tonggak sejarah baru bertepatan dengan peringatan dirgahayu RI ke-64. Amanat Bersama yang merupakan hasil pemikiran dan menampung aspirasi berbagai kalangan telah tersedia secara online di wiki.indonesiaunite.com sejak 9 Agustus dan disempurnakan pada 14 Agustus 2009. Berikut adalah pernyataan sikap dari generasi baru yang mengobarkan semangat nasionalisme, menentang kekerasan, menyerukan Indonesia Bersatu dan membangun negeri.

Isi Amanat Bersama:
– Kami adalah generasi baru, pewaris sah Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
– Kami adalah generasi baru, yang menolak untuk hidup dan tumbuh dengan rasa takut. Kami memilih menjadi pemberani.
– Kami adalah generasi baru, yang percaya setiap kekerasan hanya akan melahirkan kekerasan baru. Karena itu, kami akan berusaha untuk memutus rantai kekerasan melalui karya kemanusiaan di mana pun kami berada.
– Kami adalah generasi baru, yang percaya penuh dengan prinsip demokrasi, kemanusiaan, kesetaraan, dan saling menghormati. Karena itu, kami menolak segala bentuk diskriminasi.
– Kami adalah generasi baru, yang akan membangun sebuah bangsa dan negara yang bermartabat dan terhormat, mampu mempersatukan Indonesia, melindungi hak-hak individu, berdiri di atas semua golongan, serta memuliakan manusia-manusia yang menjadi rakyatnya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: