Catatan Guru Drama

notes of my thoughts

Kreatifitas

on August 6, 2009

Untuk dapat mengembangkan kreatifitas anak, hendaknya kita memahami pentingnya kreatifitas itu sendiri bagi kehidupan kita dan khususnya bagi anak. Ada beberapa poin yang mengacu pada pentingnya kreatifitas, yaitu :

* Kreatifitas penting bagi kesehatan mental individu setiap orang yang hidup di dunia sebagai sarana atau cara untuk mengangkat eksistensi diri.
* Kreatifitas penting bagi individu untuk dapat menemukan solusi yang variatif dan unik pada suatu inti permasalahan.
* Kreatifitas adalah salah satu usaha untuk mendapatkan kepuasan pribadi dengan jalan melakukan krsi-kreasi dalm bidang seni maupun ilmiah.
* Kreatifitas penting dalam upaya meningkatkan kualitas hidup manusia yang dinamis dan memerlukan pembaharuan.

Kreatifitas adalah…

* Kemampuan untuk membuat kombinasi baru berdasarkan data dan informasi yang sudah ada sehingga mendapatkan data dan informasi yang baru.
* Daya pikir untuk menemukan banyaknya kemungkinan solusi atas sebuah masalah. Tak hanya kuantitas, tapi juga ketepatgunaan dan varietasnya.
* Kemampuan berfikir yang orisinal dan fleksibel dan kemampuan mengelaborasikan sebuah gagasan menjadi lebh baik.

Kreatifitas dalam sikap…

* Motivasi

Segala kegiatan yang dilakukan oleh manusia pasti ada faktor pendorongnya yang biasa di sebut motif, atau motivasi. Dalam setiap kegiatannya, manusia dengan kreatifitas tinggi akan lebih memiliki motivasi yang jelas dibanding dengan manusia-manusia yang kreatifitasnya rendah.

* Rasa ingin tahu

Kratifitas menuntut rasa ingin tahu yang tinggi karena dalam melakukan sesuatu seseorang dengan kratifitas tinggi akan banyak memperhatikan hal-hal detail dan banyak memiliki sudut pandang dalam berpikir untuk memuaskan rasa ingin tahunya.

* Berani ambil resiko salah

Dalam bertindak manusia dengan kreatifitas tinggi tidak akan takut untuk berbuat salah, apalagi dalam suatu proses pembelajaran yang sedang dilaluinya, serta tidak takut mendapatkan kritik dari orang lain. Daripada harus menunggu rangsangan dari orang lain.

* Menerima tantangan

Kreatifitas yang tinggi akan membuat manusia dapat dan memiliki semangat untuk menerima tantangan.

* Tidak mudah putus asa

Manusia dengan kreatifitas tinggi idak akan mudah putus asa jika mendapati kesulitan besar dalam mencari solusi dari masalah-masalah yang sedang dihadapinya, karena manusia tipe ini memiliki sudut pandang yang bervariatif sehingga memiliki daya juang yang kuat dan variasi solusi atas masalahnya.

* Menghargai keindahan

Manusia dengan kreatifitas tinggi akan lebih menghargai keindahan daripada manusia dengan kreatifitas rendah dan biasanya ini akan terbagi dengan sendirinya pada kelas-kelas yang berbeda atau dalam kelompok yang berbeda-beda.

* Mempunyai rasa humor

Keatifitas bukan berarti harus melulu serius, untuk bisa mencerna masalah dengan jelas dan baik, bisa juga dilakukan dengan gaya-gaya humor sehingga membuat otak lebih leluasa berpikir kreatif.

* Ingin mencari pengalaman baru

Pengalaman baru adalah hal utama yang menjadi ciri dari orang-orang dengan kreatifitas tinggi, karena pengalaman baru akan membuat mereka memiliki referensi baru untuk membuat kombinasi-kombinasi baru atas ide dan gagasannya.

* Menghargai orang lain

Untuk dapat memiliki kreatifitas yang tinggi dibutuhkan sebuah rasa toleransi yang tinggi serta memiliki sifat menghargai orang lain dan karyanya ini sangat penting bagi manusia dengan kreatifitas tinggi.

Kreatifitas adalah hal yang unik pada setiap orang karena setiap individu tersebut memiliki tingkatan kreatifitas yang berbeda. Yang memang pada dasarnya setiap orang itu kreatif, tapi kemudian kembali kepada upaya lingkungan dan individu tersebut memperdayakan kreatifitas ini. Dan kreatif itu tidak melulu harus dihubungkan pada sebuah bidang, seni misalnya. Orang yang kreatif dalam seni, belum tentu kreatif dalam bidang yang lainnya. Dan kita harus memahami itu untuk dapat menjadi kreatif.

Dari sekian poin di atas dapatlah sebuah kesimpulan alasan-alasan untuk membakar semangat kita sebagai guru atau pendidik agar berusaha meningkatkan kreatifitas pada anak didik. Dan juga dengan memahami poin-poin di atas , pembaca haruslah dapat menemukan formulasi untuk memupuk dan meningkatkan kreatifitas pada anak didik, dan ini pastinya membutuhkan kreatifitas yang tinggi pula. Jadi hendaklah kita menjadi kratif dahulu sebelum bisa membantu orang lain menjadi kreatif.

rizki pradana
27 februari 2006


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: