Tragedi Batavia 1740: Stage Version Part I

Beberapa waktu yang lalu saya mendapat kesempatan lagi untuk mementaskan naskah “Tragedi Batavia 1740” karya saya sendiri yang pernah dipentaskan dalam bentuk Teater Rekonstruksi di Halaman Museum Sejarah Jakarta (Museum Fatahillah). Kali ini saya bersama siswa-siswi Kelas Teater SMA Highscope mencoba untuk menambahkan unsur-unsur pop dalam naskah, dan pengembangan naskah dari naskah asli dilakukan oleh dua orang siswa saya yang cukup kreatif dan inovatif, Arif Dharmawan a.k.a Bebep dan Dinar Puspita. Proses produksi berjalan dengan segala dinamika yang ada, tidak bisa dibilang terhambat, tapi para siswa sempat mengalami beberapa tantangan, mulai dari kesibukan tugas dari masing-masing pelajaran, sampai dengan kendala personal. Namun begitu proses tetap berjalan, naskah di kunci pada minggu ketiga proses.

Ide-ide bermunculan dari setiap yang terlibat maupun yang tidak dalam pengembangan naskah, dan kebanyakan dari ide yang datang adalah ide yang cukup ekstreem dan mencerminkan keremajaan mereka. Mulai dari ide percintaan segitiga sampai masalah disorientasi seksual. Butuh seleksi ide yang baik, diskusi dan pengambilan keputusan, naskah final draft dikembangkan oleh Bebep, yang tidak disangka menambahkan beberapa ide kreatif, walau pada akhirnya dilakukan edit oleh saya sebagai penulis naskah asli, agar fakta sejarah tidak menjadi kabur.

Proses dimulai dengan menentukan tugas para siswa itu, membentuk tim produksi dan menunjuk sutradara. Aditya Reynaldi, siswa yang menurut pandangan saya memiliki bakat dan ketertarikan dalam dunia seni pertunjukan, kemudian mengajukan diri sebagai sutradara dari pementasan ini, dan dengan sepakat teman-temannya mendukung itu. Kemudian hadirnya Mutiara Tabrani yang dengan sukarela dan dengan semangat mengajukan diri sebagai Produser pementasan ini, membuat proses menjadi sangat menarik. Siswa-siswa yang lain kemudian mulai membaca dan memahami naskah, yang selanjutnya mereka mulai menjajaki peran dan karakter yang ada dalam naskah tersebut, proses casting pun di mulai dengan saling tunjuk dan menunjuk diri sendiri. Sungguh menarik.

Setelah proses casting selesai maka mulailah proses eksplorasi karakter. Semua pemeran mulai menjajaki kemungkinan gaya bahasa, gesture dan suara. Terjadi beberapa kesulitan dan masalah, tapi kemudian siswa dapat menyelesaikannya dengan baik dan bisa melewati proses eksplorasi dengan menawarkan karakter peran yang khas mereka. Ini menarik, karena tanpa disadari mereka juga melakukan riset individual kecil-kecilan tentang cerita “Tragedi Batavia 1740”.

{bersambung}

 

About these ads

3 thoughts on “Tragedi Batavia 1740: Stage Version Part I

  1. Komaruddin Rachmat says:

    Saya megundang anda dan teman -tema untuk hadir di panggung rakyat drama lenong kreasi baru mengambil cerita ” Lie Ong Nie dalam geger pacinan 1740″, tanggal 31 Maret 2012, jam 19,00 – 22.00.
    Tempat : Jl Raya Tol Cakung (keluar dari pintu tol cakung, dari gerbang tol pembayaran Cakung kurang lebih 100 meter sebelah kiri).
    Setiap malam rabu dan malam minggu kami latihan di sanggar dialamat tersebut diatas, “datang dan berkunjunglah “, kami sangat membutuhkan sharing.

    Komaruddin Rachmat

    • ksatriapetir says:

      Boleh minta no kontak nya….

      • komaruddin rachmat says:

        kami telah menggelar drama lenong lie ong nie dalam geger pacinan 1740 pada tanggal 15 juni di gor bekasi, dvdnya telah tersedia. nomor kontak komaruddin rachmat 021 93 990 881
        rencananya yayasan komedi betawi akan menggelar cerita ini di taman ismail marzuki pada tanggal 19 nopember 2012, saya juga akan mencoba memilmkan panggung ini pada tanggal 28 oktober, plese contact me for sharing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s